Audit Internal
Audit Internal Puskesmas Tegalrejo dilakukan secara periodik (berulang dan berkala) dibagi menjadi semester pertama dan semester kedua setiap tahunnya. Kegiatan audit internal ini memiliki tujuan untuk menyelesaikan permasalahan serta sebagai upaya peningkatan mutu kinerja Puskesmas.
Audit internal merupakan salah satu mekanisme untuk menilai kinerja puskesmas yang dilakukan oleh tim audit internal yang dibentuk oleh Kepala Puskesmas berdasarkan standar/kriteria/target yang ditetapkan.
Tim audit internal Puskesmas Tegalrejo diketuai oleh dr Tika Vandasari Prasetyo Putri. Untuk menjaga kualitas proses audit internal maka syarat menjadi auditor adalah telah dilatih dan mendapatkan sertifikat untuk dapat melakukan proses audit internal. Sasaran audit internal ini meliputi beberapa unit pelayanan baik dari Upaya Kesehatan Perseorangan antara lain Pelayanan Pemeriksaan Umun, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Pelayanan KIA-KB, Laboratorium, Farmasi, RM-Pendaftaran, Pelayanan Rawat Inap Persalinan, Konsultasi Gizi, Konsultasi Psikologi), Upaya Kesehatan Masyarakat (PTM, P2, Promkes, Kesling), dan Administrasi Manajemen (Keuangan, Kepegawaian, Pengelolaan Barang). Upaya ini senantiasa dilakukan untuk menjaga mutu dan kinerja Puskesmas Tegalrejo. Aktivitas yang dilakukan dimulai dari perencanaan kegiatan Audit, penyusunan instrumen Audit, pelaksanaan kegiatan audit, analisis hasil audit, pelaporan dan tindak lanjut hasil audit internal. Kegiatan pengambilan data audit dilakukan dengan cara telaah dokumen, observasi, meminta peragaan, membandingkan standar dan kriteria yang ada, wawancara dan analisis hasil. Laporan kegiatan Audit Internal yang telah diselesaikan diserahkan kepada kepala Puskesmas.
Adapun hal-hal yang belum bisa terselesaikan dalam proses Audit Internal maka dibahas dalam Rapat Tinjauan Manajemen. Proses pembahasan dilakukan untuk menentukan metode yang tepat dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Jika rapat tinjauan manajemen tidak mampu menyelesaikan permasalahan maka ditindaklanjuti untuk disampaikan kepada pihak terkait atau dinas yang mampu menyelesaikan permasalahan ini. Harapannya dengan terlaksananya audit secara periodik ini Puskesmas Tegalrejo memiliki peluang untuk senantiasa melakukan perbaikan secara terus menerus dan berkesinambungan (continous improvement).