KOPI TEJO (Konsultasi Online Psikologi Puskesmas Tegalrejo)

Konsultasi Online Psikologi Puskesmas Tegalrejo hadir pada awalnya untuk menjawab sebagai bentuk preventif dan kuratif penanganan masalah kesehatan mental pada kondisi masa pandemi COVID-19. Konsultasi psikologi secara online bermaksud untuk mengurangi kontak di fasilitas kesehatan. Mengingat konsultasi psikologi tidak bisa dilakukan singkat namun kita perlu beradaptasi dengan kondisi saat ini, maka hadirlah konsultasi psikologi secara online. Pada awalnya konsultasi ini hanya diakses untuk mereka yang membutuhkan dukungan psikologis pada masyarakat yang terdampak COVID-19. Namun hingga saat ini pelayanan konsultasi online berkembang lebih luas untuk konsultasi kepada ibu hamil dan calon pengantin agar pemeriksaan di fasilitas kesehatan jauh lebih cepat.

Konsultasi Psikologi Online ini mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan konsultasi psikologi. Masyarakat tidak perlu antri lama agar resiko penularan dan tertular juga jauh lebih bisa diminimalisir, dan tetap mendapatkan pelayanan sesuai standar. Beberapa pasien yang memanfaatkan konsultasi online ini juga menyampaikan testimoninya bahwa mereka bersyukur masih tetap bisa melakukan konsultasi. Salah satu penuturan pasien,

“Di masa pandemi ini, saya tetap menjalani konsultasi. Secara online, via googlemeet. Gak dipungkiri, agak berbeda rasanya ketika harus bercerita dan menggambarkan yang aku rasakan via online. Tapi meskipun begitu, mbak psikolog tetap mendengar banyak cerita dan masalahku. Dan aku merasa lega dan berterimakasih karena adanya layanan konsultasi ini.”

Konsultasi Online Psikologi Puskesmas Tegalrejo atau disingkat KOPI TEJO ini dimulai sejak bulan April 2020. Konsultasi ini menggunakan media seperti whatsapp baik melalui chat, call atau videocall ada juga yang bisa memanfaatkan dengan menggunakan googlemeet. Pada ibu hamil dan caten untuk pemeriksaan terpadu, pasien menghubungi nomer konsultasi kemudian mengisi alat bantu skrining awal untuk mengetahui informasi dan data awal yang dibutuhkan. Setelah selesai, psikolog akan melakukan skoring dan memberikan edukasi yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi pasien. Konsultasi dapat dilanjutkan dengan kesepakatan waktu dan media yang digunakan. Meskipun kondisi terbatas pelayanan konsultasi psikologi tetap untuk dilakukan. Pada pasien selain ibu hamil, catena tau rujukan unit pelayanan juga bisa dilayani. Pasien yang ingin langsung melakukan konsultasi psikologi secara online dapat langsung mendaftar dengan format Daftar_Nama Lengkap_No Rekam Medis dikirimkan melalui nomor konsultasi psikologi 081329648918. Untuk pembayaran juga dapat dilakukan dengan non tunai dengan menggunakan salah satu aplikasi pembayaran seperti Link Aja, Gopay, Shopeepay, Ovo dan dari bank lainnya. Harapannya konsultasi ini bisa dikembangkan secara lebih luas pada pasien anak, dewasa dan bahkan pada ibu pasca persalinan. (asiska_danim)